Kamis, Desember 24, 2009

Hari Ibu


MAAF....
sebelumnya saya sempat tergelitik dengan penentuan hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember
TULISAN INI BUKAN DALAM RANGKA MEMEPERINGATI HARI IBU
ENTAHLAH..HARI INI WALL AKU PENUH DENGAN UNTAIAN BAHASA CINTA UNTUK BUNDA
Sy sendiri heran kenapa hari ini (22 Desember) orang selalu mengait-ngaitkan dengan "the mother's day"...HARUSKAH KITA MEMPERINGATI HARI IBU???????

MAri kita kaji....
Setelah mencari referensi dari berbagai sumber, tidak satupun manuskrip-manuskrip kuno yang menjelaskan secara detail jatuhnya hari ibu di tanggal 22 Desember...Dan trnyata di tiap negara hari ibu itu berbeda2..

1. di Eropa
The Mother's day diperingati pada bulan Maret,

2. Amerika Latin
juga memperingati pada bulan Oktober,

3. Yunani
Masyarakat Yunani memilih bulan Juli sebagai hari ibu. bulan Juli aalah hari kelahiran DEWI HESTIA yang dalam mitos Yunani kuno, beliau merupakan dewi pelindung rumah, perapian, serta keluarga.

4. Di Amerika,
Peringatan Hari Ibu di Amerika pertama kali diusulkan pada tahun 1872 oleh Julia Ward Howe, penulis lirik lagu “The Battle Hymn of the Republic” yang ditujukan untuk kedamaian. Tiap tahun, Howe mengurus pertemuan Hari Ibu di Boston, Massachusetts. Pada tahun 1907, Ana Jarvis asal Philadelphia, mulai mengkampanyekan agar Hari Ibu diakui secara resmi. Jarvis berupaya membujuk seorang ibu di gereja di West Virginia untuk memperingati dua tahun kematian ibunya, pada minggu kedua bulan Mei. Tahun berikutnya, Hari Ibu juga diperingati di Philadelphia pada minggu dan bulan yang sama.

5. Perancis
Hari Ibu di negara ini dirayakan setiap hari Minggu terakhir di bulan Mei. Anak-anak akan berlomba-lomba membaca sajak dan membuat kartu ucapan sebagai hadiah kejutan untuk ibu mereka. Hadiah diberikan saat makan bersama keluarga. Si Ibu juga mendapat potongan kue yang sudah disiapkan oleh anak-anak.

6.Swedia
Hari Ibu di Swedia dirayakan pada tanggal yang sama seperti di Bunga plastik dijual untuk membantu para ibu yang membutuhkan.

7.Perancis.
Jauh hari sebelum Hari Ibu tiba, Palang Merah Swedia menjual bunga-bunga kecil dari plastik. Uang yang terkumpul akan diberikan untuk para ibu dan anak yang membutuhkan

8. Australia
Hari Ibu di negara ini dirayakan pada hari Minggu kedua bulan Mei. Pada hari ini penduduk Australia melakukan tradisi menyematkan bunga anyelir di pakaian. Anyelir putih untuk menghormati ibu yang sudah meninggal, sedangkan yang berwarna lain untuk ibu yang masih hidup. Mereka juga menyiapkan sarapan agar ibu bisa menyantapnya di tempat tidur. Menyenangkan, sekali!

9. Afrika Selatan
Sama seperti di Australia, Hari Ibu dirayakan pada hari Minggu kedua Mei. Hari spesial ini tidak hanya dirayakan untuk Ibu, tapi juga para wanita yang sudah dianggap seperti Ibu sendiri. Penduduk Afrika selatan juga menyematkan anyelir di pakaian mereka. Anyelir merah jambu untuk ibu yang masih hidup dan putih untuk ibu yang sudah meninggal.

10. khusus di indonesia, ada banyak momentum sejarah yang bisa dijadikan manuskrip kuno yang mendukung hari ibu, Hari kelahiran Kartini (21 April), namun sumber yang paling jelas adalah momentum kongres organisasi para pejuang wanita pada tgl 22 oktober 1928..disebut-sebut oleh soekarno sebagai cikal bakal lahirnya hari ibu di Indonesia....namun skali lagi, belum ada referensi yang jelas mengapa masyarakat indonesia menghadiahkan hari spesial untuk ibu....ANEH??????

PERTANYAANNYA ADALAH.....
Untuk sembilan bulan ibu mengandung, kita hanya menghadiahkannya hari ibu ?
Untuk semua malam ibu menemani kita, kita hanya menghadiahkannya hari ibu ?
Mengobati kamu dan mendoakan kita, kita hanya menghadiahkannya hari ibu ?
Untuk semua saat susah dan air mata dalam mengurusi kamu, kita hanya menghadiahkannya hari ibu ?
Kalau dijumlahkan semua harga cinta ibu, kita hanya menukarnya dengan perayaan hari ibu ?
Untuk semua mainan, makanan, dan baju,tegakah kita membalasnya dengan ceremoni tahunan?
Anakku… dan kalau kamu menjumlahkan semuanya,
Akan kau dapati bahwa harga cinta ibu begitu besar...ikhlaskah kita menukarnya hanya dengan perayanan tahunan hari ibu ?

Lagian hari ibu yang kita peringati selama ini hanya sekedar formalitas belaka..doa dan permohonan ampun sering terlupakan..

Sungguh....kecintaan bunda kepada kita seluas lautan, sehingga kita tenggelam dan terkadang melupakannya..


Sahabat…
Bukankah kasih dan sayang kita kepada bunda tidak terbatas ruang dan waktu???
Begitu besar cinta dan kasih bunda kepada kita, sehingga sangatlah durhaka keikhlasannya itu kita balas dengan peringatan hari ibu yang diperingati sekali setahun…bukankah kita berkewajiban membahagiakan ayah dan bunda kita setiap saatnya? jika engkau bersama dia..

berlututlah dihadapannya
Mohon ampunalah kepadanya
peluk ia
kecup keningnya
dekap dan rasakan denyutan jantungnya
pandangilah wajahnya sedalam mungkin
tatap mata sayunya
kemudian ucapkan: Mom's Love u full
sambil teteskan air mata pengabdianmu padanya

sangatlah durhaka diri kita jika kehadirannya selama ini hanya menjadi seremoni tahunan saja...sebut namanya dalam doa-doamu, pintakan ampun kepadaNya atas dosa-dosa bunda kita..seraya berdoa smoga Allah ikhlas mengumpulkan kita sekeluarga dalam jannahNya...

Menyayangi mereka (Ayah dan Bunda) adalah kewajiban primer kita.......so jangan kecewakan mereka sahabat..ungkaplah kasih sayangmu disetiap saat, karena hanya itu balasan yang mereka inginkan dari kita..bukan sekedar penghargaan sesaat ataupun materi

kepada sahabatku
Angin...sampaikan salamku untuk dia dan bawalah aku dipundakmu menemui dia malam ini
Bintang...bawalah pesan cintaku untuknya bersama cahayamu dimalam ini
Jangkrik...nyanyikan lagu cintaku untuknya..jangan lupa katakan: aku kangen dia..
Mimpi.....hadirkanlah dia malam ini, agar aku dapat merasakan kehangatan dekapannya lagi..
Kangen.................berhentilah menggodaku karena ku tau ada doa untukku dalam sujud panjangnya

SEBENARNYA DALAM SEJARAH ISLAM, ada sebuah peristiwa agaung yang bisa dijadikan landasan utama bagi penduduk bumi tentang hari ibu, hari ayah, hari keluarga maupun Hari Kasih Sayang....

10 Dzulhijjah....tepatnya pada peristiwa Agung bersejarah...penyembelihan Ismail, adalah hari Ibu, Hari Ayah dan Hari Kasih Sayang bagi ummat Islam. atas dasar CINTA dan KASIH SAYANG, keluarga Ibrahim dan Siti Hajar rela mengorbankan anak semata wayangnya untuk di sembelih dengan tangan mereka sendiridemi CINTA YANG HAKIKI dan BUKTI KETAATAN KEPADA RABBNYA.... Kekuatan apa yang menyebabkan mereka rela melakukan hal ini?jawabnya adalah C..I..N..T..A.................


Miss U Mom's
(sekali lagi bukan dalam rangka merayakan hari ibu)

0 komentar:

Posting Komentar